Keterampilan
berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah kemampuan berpikir dan bernalar untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang rumit dan atau memecahkan suatu kasus atau
masalah. Menjadi tanggung jawab semua guru untuk melatih para siswanya dengan
latihan berpikir tingkat tinggi sebab hanya dengan kemampuan berpikir tingkat
tinggilah yang nantinya dapat digunakan para siswa untuk menjalani hidupnya
setelah menyelesaikan pendidikan. Berpikir tingkat rendah hanya bermanfaat
untuk menjawab soal-soal ulangan atau ujian yang belum tentu dapat digunakan
dalam kehidupan nyata setelah sekolah.
Berpikir
tingkat tinggi tidak hanya di pendidikan lanjutan. Sejak kelas satu Sekolah
Dasar, seorang siswa dapat dilatih berpikir tingkat tinggi. Pertanyaan 4 +
6 = ... hanya melatih siswa berpikir tingkat rendah, sedangkan pertanyaan 10 =
... + ... dapat melatih siswa berpikir tingkat tinggi. Sehingga
permasalahan yang sama bila disampaikan dengan cara berbeda dapat berubah dari
latihan berpikir tingkat rendah menjadi latihan berpikir tingkat tinggi.
Kemampuan
para guru untuk dalam membuat pertanyaan dan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang mengandung unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi
merupakan sesuatu yang mutlak harus dimiliki. Guru yang terampil membuat
pertanyaan dan terampil dalam membuat RPP yang mengandung keterampilan berpikir
tingkat tinggi akan dapat meghantarkan para siswanya mampu memecahkan
permasalahan dalam kehidupannya setelah mereka menyelesaikan pendidikannya.
Di
bawah ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam melatih siswa
berpikir tingkat tinggi:
A.
Membuat peta konsep
Kegiatan
membuat peta konsep merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan
bagi siswa untuk menunjukan cara berpikir kritis dan kreatif. Pada kegiatan
tersebut, siswa diberi kesempatan untuk menunjukkan pemahamannya tentang teks
bacaan yang dibacanya.
B.
Mengajukan pertanyaan
Mengajukan
pertanyaan merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan dan
mengembangkan HOTS. Siswa dilatih untuk mampu merumuskan pertanyaan yang kritis
dan kreatif yang didorong oleh rasa ingin tahunya tentang hal-hal yang ingin
mereka ketahui.
C.
Menyusun buku harian/jurnal pembelajaran
Salah satu sarana yang juga dapat dijadikan sebagai sarana
pembelajaran untuk menumbuhkan HOTS. Dengan latihan membuat buku harian/catatan
harian/jurnal siswa berkesempatan untuk merangkum semua kegiatan pembelajaran
yang sudah ia lalui, mengaitkan pengalaman yang ia miliki sebelumnya dengan
pengalaman pembelajaran yang baru.
Di era globalisasi saat ini teknologi informasi merupakan hal yang
sudah tak asing lagi bahkan bagi anak usia SD. Informasi pembelajaran sudah
tidak lagi dibatasi dengan penggunaan buku teks (buku babon). Siswa
diperbolehkan untuk mencari informasi di sumber-sumber lain di luar buku teks.
Kegiatan pembelajaran kolaboratif berbasis TI dapat pula dijadikan sarana untuk
meningkatkan dan menumbuhkan HOTS. Di mana pada kegiatan ini siswa diberikan
keleluasaan untuk melengkapi pemahaman mereka dengan mencari informasi tambahan
dari sumber lain seperti internet guna mendukung pengalaman belajarnya.
E.
Menggunakan analogi
Analogi digunakan untuk mempermudah penjelasan tentang sesuatu
yang biasanya bersifat abstrak. Kegiatan pembelajaran yang menggunakan analogi
bertujuan untuk menjelaskan sebuah konsep.
F.
Eksperimen berbasis inkuiri
Cara atau metode yang sangat menarik bagi siswa yang juga dapat
menumbuhkan dan mengembangkan HOTS adalah menggunakan eksperimen yang berbasis
pada model
pembelajaran inkuiri. Dalam kegiatan ini siswa dilatih untuk berpikir kritis,
yaitu berpikir yang memeriksa, menghubungkan (elaborasi), dan mengevaluasi
semua aspek.
G.
Metode proyek
Alternatif lain
untuk menumbuhkan dan mengembangkan HOTS dapat pula dilakukan dengan
menggunakan metode
proyek/penugasan. Melalui proyek atau tugas siswa dilatih untuk terampil
berpikir kritis dan kreatif
H.
Latihan-latihan membuat keputusan
Membuat keputusan merupakan suatu keterampilan yang membutuhkan
cara berpikir kritis dan kreatif. Dalam hal ini siswa perlu dilatih untuk
memiliki keterampilan tersebut, salah satu caranya adalah dengan memberikan
pengalaman kasus-kasus atau permasalahan.
Demikianlah,
8 cara melatih siswa berpikir HOTS. Akan ada banyak sekali ide-ide segar yang
bermunculan dari para guru dalam melatih siswa berpikir HOTS. Semoga
bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar